W E L C O M E To My Blog .. "Always Stonger Than Ever !!!"

Friday 22 November 2013

Cara Melatih Vibra Vokal (Vibrato)




                  Vibrato adalah sebuah hasil dari dukungan teknik pernafasan yang baik Kebanyakan penyanyi menggunakan vibrato untuk mengartikan ungkapan perasaannya dalam bernyanyi.

          Contoh penyanyi di Indonesia seperti Sammy Simonangkir yang bernyanyi dengan penggunaan vibrato yang sangat tepat , ingat ya "Tepat" , itu berarti bukan di sembarang nada ia mengeluarkan vibra nya . Oleh karena itu saat dia bernyanyi kita seakan mendapat pesan dari syair  lagu yang ia nyanyikan. 
  
         Seperti Diva Whitney Houston yang mengerti bagaiman cara mengontrol dan membuat kesan pada vibrato yang diciptakannya, dia mampu mempercepat atau memperlambat vibratonya sesuai emosi yang disampaikannya pada lagu yang dinyanyikannya. jadi saat orang mendengar ia bernyanyi pun , para audience bisa menerima/merasakan pesan yang disampaikan oleh lagu tersebut.
              Vocal Vibrato adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat suara bergelombang / bergetar dengan cepat dan tetap.

Berikut ialah beberapa tips untuk melatih/membentuk vibrato :

  1. Tempatkan tangan anda ke bawah dada atau di daerah ulu hati.
  2. Sekarang menyanyikan sebuah nada dengan mengucapkan " a a a a a..." yang tidak terlalu tinggi dengan jangkauan suara anda.
  3. Sewaktu anda sedang menyanyikan sebuah nada ini, tekan, lepas, tekan, lepas, tekan, lepas daerah bawah dada tersebut. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 tekanan per detik.
  4. Dengarkan bagaimana suara anda bergetar, nah inilah yang disebut vibrato .
            Untuk mendapatkan vibrato dalam bernyanyi yang sebenarnya kita lakukan dengan perlahan atau dengan lambat dahulu, nyanyikan 2 (dua) buah nada misalnya Do-Re-Do-Re-Do-Re dengan mengucapkan " a a a a a..." . Lakukan dengan santai.
Kemudian nyanyikan dengan sedikit lebih cepat dan semakin cepat. Rasakan getarannya 3 sampai 4 getaran perdetik.
Lakukan ini selama sepuluh menit setiap hari.

             Untuk awalnya memang sulit dan membosankan anda harus melatih secara konstan setiap hari menjadi suatu kebiasaan.
Karena untuk membuat suara anda mempunyai vibrato secara otomatis memerlukan suatu proses tidak gampang. Namun, untuk memperolah sesuatu yang baik juga harus memiliki kesabaran dan pelatihan yang baik pula kan .
               Kemudian setelah anda bisa menciptakan vibrato cobalah sebuah lagu yang lambat dan nada-nadanya panjang, pada saat menyanyikan pada nada yang panjang tersebut keluarkan vibrato. tapi biarkan dia keluar secara natural bukan dibuat-buat , itu akan memperjelek lagu tersebut nantinya . :)

24 comments:

  1. thats cool , thanks gan !!!

    ReplyDelete
  2. mantep , makasi :)

    ReplyDelete
  3. thanks.. aku setuju emang ngebosenin kl gituu.. tapi demi suara yang menghasilkan vibra yang tepat kita harus berlatih sungguh" dan tekun

    ReplyDelete
  4. aku nyanyi sudah dari kecil dan sering juara ikut ajang lomba lomba seperti itu. jenis tipe suara aku bariton ( bass nanggung tenor pun nanggung ) tapi kenapa vibra aku sama sekali gak mau keluar juga ya? udah berbagaicara di coba tapi tetap gak bisa jatuh nya malah bisa stress dan beban tersendiri buat aku.. walau teman2 banyak yg semangatin karna untuk mereka suara aku sudah cukup bagus walau tanpa vibra. tapi vibra akn modal utama untuk seorang penyanyi.. mohon info nya ya.. :(
    yang mau dengar suara aku bisa visit soundcloud aku di www.soundcloud.com/dpmanullang

    ReplyDelete
  5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan gan?

    ReplyDelete
  6. Cek my link www.reverbnation.com/sandikaputra
    Saya menggunakan vibra cengkok di lagu hip hop.
    Silahkan di dgr gan. Thanks

    ReplyDelete
  7. Skrang mh udah jamannya smule bro ahahaha ..
    Thanks gan infonya ok
    G
    Yg mau gabung di smule saya account Rismanimengothic

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. SILAHKAN MEMBACA :v
    ___
    Kalo aku vibranya malah terjadi secara alami. Aku memang hobi nyanyi dari SD tapi pada saat itu vibranya belum nampak, yg jadi pertanyaan aku waktu itu "kok suara kebanyakan penyanyi itu bergelombang ya? aku jadi pengen" haha, tapi aku cuek aja. Seiring berjalannya waktu sampe lulus SMP dan aku nyanyi2 di rumah dan tiba2 vibranya keluar, gak kaget aku biasa aja sih haha nikmati saja lah.. Sekarang aku 19 tahun dan setiap kali nyanyi2 di rumah, kalo ketemu lirik lagu yg pengucapannya panjang biasanya ada di ujung2nya a i u e o itu lah, nah vibranya itu selalu bergentayangan karna udah lengket di tenggorokan aku haha, dan jujur kalo dipaksa supaya vibranya ga keluar malah jadi ga enak..
    ~Bernyanyi di ujung2 itu ibarat kayak sedang menghembuskan nafas dari perut dada idung mulut, dan muncullah vibra haha ga tau dah.
    ~Pokoknya sering2 lah menyanyikan lagu2 yg ada vibranya. OK!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget vibranya muncul sendiri aku udah latihan 3 bulan tapi ga munncul juga😂

      Delete
  10. Vibraku gk bisa bergelombang agak sulit juga haha haha haha

    ReplyDelete
  11. Vibraku gk bisa bergelombang agak sulit juga haha haha haha

    ReplyDelete
  12. vibra saya sepertinya cepat sekali , apa bias dilambatkan?? seperti suara yana yulio

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat sekali gan...
    Salam kenal...
    Online Music Arranger
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    ReplyDelete
  14. kendala apa saja yang dihadapi dalam melatih vocal?

    ReplyDelete
  15. Pengalaman saya kalo nyanyi nada rendah ga keluar vibranya, tapi kalo nyanyi nada tinggi baru ada vibranya tapi tipis banget..

    ReplyDelete
  16. Vibraku keluar hanya 2 detik lalu hilang , pas nyanyi kyk terputus jadi nggak enak

    ReplyDelete
  17. Kalau kaya boys 2 men, mariah carey, raisa itu vibra juga bukan ya? Yg hasky & menaikan/turunkan nada. Seperti aaaa huu aa huuu. Pokoknya gitulah😂. Ya pokoknya kalau dgr lagu boys 2 men dari awal pasti akhir itu ada naik turun aa huu aaaa huuuu gitu

    ReplyDelete
  18. Aku coba berkali2 gak dapet cintanya kok susah banget ya:')

    ReplyDelete
  19. Starmaker id: 13367803937
    Gak punya Vibra udah coba berkali2 gak dapet Vibra nya padahal kalo aku bisa Vibra tambah bagus

    ReplyDelete
  20. Cara mengatasi suara yang ga keras gimana

    ReplyDelete
  21. Nice info, siapa tau butuh Chord gitar atau Not Angka saya ada

    ReplyDelete