W E L C O M E To My Blog .. "Always Stonger Than Ever !!!"

Friday 23 January 2015

"Tugas X" Peranan Sistem Informasi Bagi Dunia Bisnis


Perkembangan teknologi informasi dan inovasi para pemikir sistem telah mengantarkan organisasi bisnis bekerja lebih efektif dan efisien dibanding sebelumnya. Proses pengambilan keputusan bisnis juga semakin singkat dan akurat berkat dukungan sistem informasi yang mampu mengelola dan mengolah data di lapangan secara cepat.
Beberapa contoh tujuan dari pembuatan sistem informasi yang mulai banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk solusi bisnisnya, antara lain mengetahui stok barang di semua cabang secara real time, distribusi barang dari cabang yang memiliki kelebihan stok ke cabang yang sedang kehabisan stok, penjadwalan pengiriman barang secara otomatis, serta menganalisa preferensi konsumen atas produk-produk yang dijual.
Melalui beberapa produk yang disebutkan di atas, tentunya kita bisa membayangkan bahwa pemilik
bisnis tidak perlu harus menunggu laporan mingguan atau bulanan dari para pengelolanya untuk memutuskan menambah produk, mengurangi pasokan, atau memutuskan untuk tidak lagi membeli.
Penyelarasan aktivitas bisnis dengan keunggulan yang dimiliki oleh teknologi informasi atau sering disebut sebagai IT-Business alignment, membawa dampak yang luar biasa baik dalam hal kinerja usaha yang makin meningkat ataupun memperbesar nilai tambah (value added) bagi perusahaan maupun konsumennya.
Secara umum, TI (Teknologi Informasi) telah membawa perbaikan yang signifikan dalam operasi bisnis dan dalam seluruh kehidupan manusia secara keseluruhan.
TI tidak hanya membawa dunia lebih dekat bersama-sama, tetapi telah memungkinkan ekonomi dunia menjadi sistem saling tergantung satu. Ini berarti bahwa kita tidak bisa hanya berbagi informasi dengan cepat dan efisien, tetapi kita juga dapat menurunkan hambatan batas-batas linguistik dan geografis. Dunia telah berkembang menjadi sebuah desa global karena bantuan teknologi informasi negara memungkinkan seperti yang tidak hanya dipisahkan oleh jarak tapi juga oleh bahasa ide-ide saham dan informasi dengan satu sama lain.
TI juga telah membawa Efektivitas Biaya dengan membantu untuk komputerisasi proses bisnis sehingga perampingan bisnis untuk membuat mereka sangat hemat biaya uang membuat mesin. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya menimbulkan keuntungan yang berarti gaji yang lebih baik dan kondisi kerja yang kurang berat.
TI juga telah memungkinkan bagi perusahaan untuk terbuka 24 x7 di seluruh dunia. Ini berarti bahwa bisnis dapat terbuka kapan saja di mana saja, melakukan pembelian dari berbagai negara lebih mudah dan lebih nyaman. Ini juga berarti bahwa Anda dapat memiliki barang-barang Anda dikirimkan tepat ke depan pintu Anda dengan harus memindahkan otot tunggal.

Terakhir, TI telah membantu dalam penciptaan lapangan kerja baru dan menarik seperti pemrograman komputer, Sistem analisis, Hardware dan Software mengembangkan dan Web desain.
Dalam hal Fungsi dan Fleksibilitas, internal TI dapat membantu meningkatkan kinerja infrastruktur sehingga meningkatkan fungsionalitas dan berbagai pilihan yang bisa ditempuh. Secara eksternal, dapat membantu menciptakan efisien, fleksibel platform yang online / offline untuk melakukan bisnis dengan pelanggan, pemasok dan mitra.

Kesimpulan Peranan Sistem Informasi :
·         Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain
·         Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global= 1. pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya,  pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan global network. 2. perencanaan strategi peruahaan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain. 3. pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgn adanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluas dn membentuk sistem delivery yang luas)
·         mampu bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas, mengetahui peluang pasar, pemanfaatan internet.
·         membentuk kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat dengan cabang)
·         membentuk sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibvery disetiap cabang, dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet)
·         Melakukan perubahan ekonomi industri (menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis = mengetahui daya beli masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita

·         meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur)
·         meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
·         Menyediakan informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global = mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat

Daftar Pustaka :



1 comment:

  1. Can you play Baccarat? - Worrione
    I had 인카지노 no idea I could play baccarat, but it was actually very popular at the time and people were already very familiar 바카라 사이트 with the 1xbet game. I

    ReplyDelete