W E L C O M E To My Blog .. "Always Stonger Than Ever !!!"

Monday 19 May 2014

Karakter Suara atau Vokal

Mesah Dikaprius
Di postingan saya yang sebelum-sebelumnya , saya udah ngebahas tentang teknik-teknik bernyanyi yang baik , cara melatih vibrato , dan lain-lain . Kalo belum lihat , silahkan cek di "Arsip Blog" sebelah kanan anda.
Memiliki kemampuan Teknik dalam bernyanyi yang baik , memiliki vibrato suara , serta mempunyai range suara yang luas , saya rasa impian semua penyanyi . Namun yang akan kita bahas kali ini juga ga kalah penting dari bagian-bagian diatas , yaitu “Karakter Vokal”.
Seorang penyanyi harus memiliki /menciptakan karakter vokalnya sendiri , agar ketika orang yang mendengar anda  saat bernyanyi tanpa melihat penyanyinya tersebut (anda), orang-orang langsung bisa tahu bahwa  itu adalah suara anda . Untuk memiliki karakter vokal tersebut anda harus benar-benar bernyanyi senatural mungkin , sejujur mungkin , dan tidak terdengar seperti
dibuat-buat.

Seringkali penyanyi-penyanyi baru , yang bermunculan sebenarnya sudah menguasai teknik vokal yang baik , namun ketika mereka membawakan lagu orang lain / Band lain , mereka terdengar seperti mengikuti teknik yang penyanyi aslinya bawakan di lagu tersebut . Nah, itu adalah pertanda bahwa ia belum memiliki karakter Vokalnya sendiri . kerugiannya adalah para audience tidak mendapatkan nilai tambah atau sesuatu yang baru dilagu tersebut karena dinyanyikan oleh orang yang berbeda namun  terdengar hampir sama.
Untuk membentuk karakter vokal tersebut , bernyanyilah senatural mungkin tanpa memaksakan suara anda untuk mirip dengan suara vokalis idola kalian dan intinya jadi diri sendiri aja. Ingat bahwa kalian boleh-boleh saja untuk mengikuti teknik bernyanyi atau cara bernyanyi orang yang kalian idolakan , namun untuk karakter vokal sendiri kalian harus menjadi diri sendiri .

Sekian dulu ya , hal tentang karakter vokal yang dapat saya bagikan , kalo misalnya ada saran , kritikan atau pertanyaan, silahkan tambahkan di komentar . Terimakasih :D

1 comment:

  1. Makasih sharingnya. Emang betul, orang kita kalo nyanyi (terutama saat karaokean, hehe), maunya ikutin (atau gak sengaja ngikut) karakter vokal penyanyi dari lagu yg dibawain. Satu sisi, oke lah kalo emang bisa sebagus aslinya, tapi sisi lain ya seperti yg diutarakan di postingan bro Mesah di atas, kesannya ya jadi biasa. Terus satu lagi, orang kita juga cenderung (maunya) mendengar/menilai seseorang menyanyikan lagu bisa sama dengan aslinya, padahal gak harus kaaaaan, poin terpenting itu gmn lagu itu bisa dinyanyikan dengan baik dan tetep enak didengar meski dengan karakter vokal yg beda, betul gak bro? hehe, maaf ya komennya kepanjangan. Anak gundar ya? Salam satu almamater. :)

    ReplyDelete