W E L C O M E To My Blog .. "Always Stonger Than Ever !!!"

Friday 22 November 2013

Melatih Falsetto / head Voice

Judika Sihotang

            Falsetto diambil dari bahasa Italia yaitu Falso yang berarti palsu. Secara teknis, suara Falsetto mengacu ke register vokal yang menempati rentang frekuensi yang lebih tinggi daripada suara asli yang kita miliki. Juga merupakan tumpang tindih range dari setiap oktaf yang dihasilkan oleh getaran ujung ligamen dari pita suara secara keseluruhan. Dalam bahasa yang sederhana itu suara palsu bahwa seorang laki-laki membawa keluar dalam bentuk menyerupai suara perempuan. Suara falset biasanya digunakan pada saat menyanyikan nada-nada tinggi dan sama sekali berbeda dari suara baritone laki-laki. Kualitas suara falsetto mirip dengan suara kepala dan op
era, dan memang penekanannya ada didaerah kepala .

untuk melatihnya dapat dilakukan dengan :

            Banyak berlatih menggunakannya pada area jangkauan nada yang lebih tinggi dari suara asli yang dapat kita jangkau  atau tidak terlalu rendah  dan itu akan semakin membuat kita mahir menggunakan suara Falseto. Tandailah dimana kita akan menggunakan Falseto dan dimana kita akan menggunakan suara asli kita. Walau demikian kita harus pahami bahwa suara Falseto merupakan suara Palsu yang bersifat tidak stabil.
            Pada saat kita akan mengeluarkan suara falset,  lakukan dari suara perut terlebih dahulu terus mengalir ke dada lalu hidung setelahnya di kepala , lakukan perlahan-lahan sampai anda menemukan titik inti untuk melakukan atau mengeluarkan suara falset yang nyaman ,tepat dan terkontrol bagi anda .

Cobalah vocalizing beberapa nada di bawah batas suara tinggi anda (misalnya: D4 atau G4), lalu dari titik itu naik sampai ke (C5 atau E5). Bunyikan “Aa-a-a-a-a…” dengan nada do-re-mi-fa-sol, kemudian ganti dengan do-mi-sol-mi-do. Latih terus setiap hari selama 15-30 menit hingga falsetto anda memiliki power dan nyaman di dengar.
             Mungkin saya bisa memberikan tips lagu yang bisa anda pelajari untuk lebih membentuk suara falset , yaitu lagunya Aerosmith- I don't wanna miss a thing . Dilagu tersebut banyak sekali pelajaran teknik vokal yang akan anda temui , terutama pas bagian reff yang terakhirnya , Steven Tyler (Vokalis Aerosmith) mengeluarkan suara falsetto yang benar-benar nyaman untuk didengar dan sangat bisa untuk dinikmati .  

1 comment: