W E L C O M E To My Blog .. "Always Stonger Than Ever !!!"

Friday 22 November 2013

Cara Belajar Bermain Gitar bagi Pemula

Berlatih Gitar          Bagi kalian seorang pemula dalam bermain gitar yang saat ini mempunyai niat untuk dapat pandai bermain gitar dan ingin bisa mengiringi lagu-lagu yang disukai, yang terpenting dari semua keinginan adalah niat yang kuat , tetapi butuh usaha dan kesabaran untuk terus mempelajarinya.
berikut adalah tips agar bisa bermain gitar untuk seorang p
emula :


1. Mempunyai Gitar

      Ini adalah yang paling penting dalam belajar bermain gitar, yaitu kita harus mempunyai gitar yang akan dimainkan nanti. Jika gitar tidak ada akan susah untuk mempraktekkannya langsung. Usahakan kita memilikinya, atau minimal kita bisa meminjam kepada teman, tetangga, keluarga atau kerabat lainn yang punya gitar, sehingga kita bisa rutin berlatih memainkannya.

2. Menyetam Gitar

          Untuk pemula menyetam gitar atau menyetel gitar bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan telinga yang terlatih melakukannya. Untungnya sekarang banyak gitar tuner dijual di toko-toko alat musik dengan harga murah, ini bisa kamu gunakan untuk di awal-awal belajar gitar. Selain menggunakan alat bantu ini (gitar tuner) masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyetam gitar. Contohnya kamu bisa menyocokkan nada senar dengan nada lain seperti piano atau alat musik lainnya. Dan di internet sudah ada gitar tuner online bisa kamu cari sendiri, yang intinya kamu harus tahu dulu nada nada pada masing-masing senar.
Senar 1 dipetik tanpa ditekan = E
Senar 2 dipetik tanpa ditekan = B
Senar 3 dipetik tanpa ditekan = G
Senar 4 dipetik tanpa ditekan = D
Senar 5 dipetik tanpa ditekan = A
Senar 6 dipetik tanpa ditekan = E

3. Memilih Lagu

         Untuk permulaan carilah lagu yang chord atau kunci gitar nya yang mudah dan kamu tahu lagunya. Mudah maksudnya disini adalah dalam lagu tersebut tidak terlalu banyak terdapat chord didalamnya. Karena belum terbiasa bagi pemula akan sulit memindahkan chord chord lagu tersebut. Dan cari juga lagu dengan chord gitar yang mudah dalam menekannya. Kamu bisa cari lagu yang kamu inginkan disini.


4. Perhatikan Posisi Jari-jari

          Berusalah untuk melatih jari-jari agar tidah menyentuh senar yang lain saat menekannya, karena ini akan mempengaruhi bunyi nya nanti. biasakan untuk menekan senar gitar agar lebih ditekan sedikit agar bunyinya lebih nyaring dan jelas , memang agak sakit sih apalagi bagi pemula namun itu agar kita memiliki power dalam bermain .

5. Hafal Chord

          Setelah melihat panduan chord, hafal lah chord chord lagu tersebut dan sering memainkannya. Biasakan jari-jari lancar memindahkan dari satu chord ke chord yang lain.

6. Rutin Mengulanginya

          Setelah kamu hafal chord chord dari lagu tersebut, rajin-rajin lah memainkannya. Ini akan meningkatkan ingatan kamu terhadap chord yang di mainkan dan melatih jari-jari biar kokoh menekannya.

7. Praktekkan Dengan Lagu Yang Lain

             Jika kamu sudah bisa menguasai 1 lagu, terus kembangkan dengan lagu lainnya. Luangkan waktumu untuk bermain gitar dengan rutin agar tidak lupa dengan chord gitar yang sudah dipelajari.

No comments:

Post a Comment